Pembekalan KKN Tematik Gelombang I UMK


Kudus, Bekanews.com –Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar pembekalan bagi mahasiswa yang akan melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Gelombang I tahun 2018. Pembekalan digelar di Auditorium Kampus UMK, Rabu (11/7/2018).
Menurut Kabag Pengabdian kepada Masyarakat dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMK, Ir. Shodiq Eko Ariyanto MP., KKN ini merupakan realisasi kerja sama antara UMK dengan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi.
‘’Lokasi KKN adalah di Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang dan Kabupaten Grobogan,’’ jelasnya. ‘’Di Kabupaten Pati, KKN menempati Kecamatan Juwana dan Kecamatan Batangan, Kabupaten Rembang ditempatkan di Kecamatan Rembang, Kecamatan Sulang serta Kecamatan Sumber, sedang Kabupaten Grobogan menempati Kecamatan Klambu dan Kecamatan Brati,’’ lanjutnya.
Rektor UMK, Dr. H. Suparnyo SH. MS. pada kesempatan itu berpesan agar para mahasiswanya mempersiapkan diri dengan baik sebelum lulus dari bangku kuliah. Pasalnya, persiangan dalam berbagai bidang di era global ini demikian kompleks, berat dan penuh tantangan.
‘’Peserta KKN rata-rata telah melampaui semester VI,  sehingga tidak lama lagi akan menyelesaikan kuliah di UMK. Waktu yang tidak lama lagi itu, mahasiswa harus memberpsiapkan diri dengan baik bagaimana setelah lulus,’’ ujarnya.
Persiapan untuk itu, harus didukung dengan keterampilan mumpuni, yang akan bermanfaat saat memasuki dunia kerja dan hidup di tengah-tengah masyarakat. ‘’KKN adalah pengabdian yang menjadi bagian penting dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. KKN akan memberikan pengalaman lapangan yang betul-betul riil di tengah masyarakat,’’ tuturnya.
Dia menambahkan, melalui KKN, mahasjswa dilatih meningkatkan soft skill, berlatih berkomunikasi dengan baik kepada pemerintah, masyarakat maupun dengan sesama mahasiswa.
‘’Mahasiswa KKN jangan hanya duduk diam, melainkan harus bekerja sama dengan berbagai pihak. KKN akan bermanfaat, kalau Anda bisa memanfaatkan dengan baik,’’ tegasnya. (din/ irs)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembekalan KKN Tematik Gelombang I UMK "

Post a Comment