Keren, Mahasiswa UMK Kembangkan Simapur++ untuk Optimalisasi Kinerja Saber Pungli


Kudus, Bekanews.com – Sebanyak tiga mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) membuat aplikasi untuk mengoptimalkan kinerja Saber Pungli dalam memberantas pungutan liar di Kabupaten Pati. Aplikasi tersebut diberi nama Simapur++ (Sistem Informasi Pelaporan Pungutan Liar).
Mereka adalah Yusiana Rahma dan Arsya Yoga Pratama (Program Studi/ Prodi Sistem Informasi Fakultas Teknik) serta Raden Bagas Kuncara (Prodi Ilmu Hukum). Aplikasi ini memiliki ++ atau kelebihan, yakni dapat memberikan pesan singkat (SMS) kepada pelapor untuk status pelaporan yang sudah dilaporkan.
Yusiana Rahma, mengemukakan, pembuatan aplikasi terinspirasi dari Aplikasi Pengaduan Masyarakat (Alpukat) hasil kreasi Arsya Yoga Pratama, Iman Ardhi Prabowo, Aditia Rasid, Muflihatun Ni’mah dan Alifah Normassari.
Aplikasi Alpukat dinilai perlu pengembangan agar kinerja Tim Saber Pungli dan masyarakat yang ingin mengetahui tindak lanjut dari pelaporan yang sudah dilaporkan, bisa optimal. Dari situlah, tercipta kreasi aplikasi Simpaur++ ini.
"Dalam membuat Aplikasi Simapur++ ini, tim melakukan analisis sistem sekitar satu bulan, dengan memperhatikan setiap kebutuhan masyarakat dan Saber Pungli. Terlebih lagi kami ingin menciptakan teknologi yang bermanfaat dan terjamin untuk kemudahan dalam pengoperasiannya," ungkapnya Yusiana Rahma diamini Arsya Yoga Pratama dan Raden Bagas Kuncara, belum lama ini.
Selanjutnya, dibentuk masing-masing anggota diberi tugas mengidentifikasikan berbagai hal terkait untuk menyelesaikan program yang dirancang. Setelah final, aplikasi ini akan diserahkan ke pihak yang berwenang menerima laporan pengaduan dari masyarakat terkait pungli yang terjadi di Kabupaten Pati.
“Kami berharap, aplikasi ini bisa membantu pemerintah Kabupaten Pati dalam mengoptimalkan kinerja Saber Pungli dan menjadi referensi baru terkait adanya sistem teknologi yang bisa membantu dan bermanfaat dalam meningkatkan kinerja pemerintah,katanya. (irs)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keren, Mahasiswa UMK Kembangkan Simapur++ untuk Optimalisasi Kinerja Saber Pungli "

Post a Comment