Widjanarko, Dosen Psikologi UMK Raih Doktor


Kudus, Bekanews.com – Dosen Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus (UMK), Mochamad Widjanarko, resmi menyandang gelar Doktor. Gelar doktor diraihnya pada akhir pekan kedua Mei lalu, tepatnya Senin (14/5/2018).
Mochamad Widjanarko yang di publik Kudus dan sekitarnya dikenal sebagai aktivis lingkungan, ini menyelesaikan studi doktor pada Program Studi Doktor Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Arlangga (Unair), Surabaya.
Dalam disertasinya, dia mengkaji ‘’Psikodinamika Perilaku Memelihara Hutan pada Masyarakat Pinggir Hutan Muria’’. Dia menjelaskan, riset (penelitian) terkait perilaku memelihara hutan pada masyarakat pinggir hutan Muria, memiliki dua elemen yang berjalan beriringan.
Dua elemen itu adalah perilaku memelihara hutan Muria yang bersifat positif, dengan adanya harapan informan dalam memelihara hutan Muria sebagai rasa tanggung jawab  terhadap kerusakan Muria.
‘’Selain itu, memunculkan nilai lingkungan dalam memelihara hutan Muria serta adanya kesadaran kebutuhan informan akan air dalam menjalani kehidupan sebagai petani, berkaitan dengan pengetahuan dalam memelihara hutan Muria,’’ ungkapnya. 
Hal demikian, jelasnya, kemudian memunculkan dorongan untuk memelihara hutan  Muria pasca bencana dan adanya kepedulian memelihara hutan Muria sebagai nilai  lingkungan dalam memelihara hutan Muria. 
Sedang perilaku memelihara hutan Muria yang bersifat negatif, tambahnya, yaitu adanya hambatan dalam melestarikan hutan Muria, berupa memunculkan kebutuhan ekonomi yang  mendorong  informan dalam memelihara hutan Muria dan adanya dorongan memelihara hutan Muria dari orang lain.
‘’Di luar itu, adalah berkaitan dengan kepemilikan tanah yang menjadi bagian  dari tanggung jawab dalam memelihara hutan Muria, bahkan terdapat perilaku yang merusak hutan Muria,’’ ungkapnya.
Mochamad Widjanarko mempertahankan disertasinya yang terdiri atas Prof. Dr. Suryanto M.Si (ketua) dengan anggota penguji Prof. Dr. Mustain Mashud M.Si, Prof. Dr. Muhamad Zainudin Apt, Prof. Dr. Fendy Suhariadi MT. Psikolog, Prof. Dr. Cholicul Hadi M.Si, Dr. Seger Handoyo Dr. M.G. Bagus Ani Putra dan Dr. Rahman Adi.
Ujian terbuka dosen Fakultas Psikologi yang juga aktivis Muria Research Center (MRC) Indonesia itu, dihadiri para koleganya dari UMIK, di antaranya Dr. Suparnyo SH. MS. (Rektor), Dr. Mamik Indaryani (Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat), Iranita Hervi Mahardayani S.Psi M.Psi (Dekan Fakultas Psikologi), Dr. Hidayatullah (Ketua Prodi Magister Ilmu Hukum) dan Noor Athiyah M.Hum (Kepala UPT. Perpustakaan). (din)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Widjanarko, Dosen Psikologi UMK Raih Doktor "

Post a Comment