UMK Bersholawat Puncaki Gelaran Festival Maulid

Kudus, Bekanews.com – Gelaran Festival Maulid 2018 di Universitas Muria Kudus (UMK), dipuncaki dengan UMK Bersholawat pada Selasa (16/1/2018) malam lalu. UMK Bersholawat ini dibanjiri oleh masyarakat dari Kudus dan sekitarnya.
Kehadiran Habaib, antara lain Habib Jakfar Al-Kaff, Habib Musthofa Al-Aydrus, Habib Naqib Al-Aydrus serta Habib Ali Zainal Abidin beserta grup rebana Az-Zahir, menarik perhatian lebih dari 10 ribu warga untuk datang.
Dari unsur pimpinan UMK, nampak hadir antara lain Dr. Suparnyo SH. MS. (Rektor), Dr. Zainuri MM. (Wakil Rektor II), Rochmad Winarso ST. MT. (Wakil Rektor III), Dr. Subarkah SH. M.Hum (Wakil Rektor IV), Ir. Zed Nahdi M.Sc (Dekan Fakultas Pertanian) dan Dr. M. Edris MM. (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis).
Ribuan warga nampak mulai mendatangi Kampus UMK usai maghrib, baik dengan mengendarai sepera motor, mobil pribadi, dan angkutan massal lain. ‘’Pengunjung membeludak. Kemungkinan lebih dari 10 ribu pengunjung,’’ ujar Sugiono, anggota Satkorcab Banser Kudus yang datang bersama tokoh muda NU Kudus, Qomarul Adib.
UMK Bersholawat yang ditempatkan di depan masjid kampus, yaitu Darul Ilmi, nampak penuh dengan jamaah yang hadir. Jamaah meluas hingga di halaman fakultas-fakultas yang ada di UMK.
Petugas security kampus dibantu pihak aparat kepolisian, anggota TNI, Resimen Mahasiswa (Mewa) UMK dan 30 anggota Banser, bekerja ekstra keras agar UMK Bersholawat bisa tertib dan  aman.
Sebelum UMK Bersholawat dimulai, Rektor UMK Dr. Suparnyo SH. MS. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas antusiasme masyarakat untuk hadir dalam pengajian akbar yang dihadiri Habaib, kiai dan masyarakat dari penjuru Kabupaten Kudus dan kabupaten sekitar.
‘’Terima kasih kepada para Habaib, para kiai dan masyarakat luas yang menghadiri UMK Bersholawat ini. Untuk Habib Ali Zainal Abidin sendiri sudah dua kali ini hadir di UMK, yaitu pada tahun 2017 lalu dan 2018 ini,’’ katanya.
Sebelum pembacaan sholawat yang dipimpin Habib Ali Zainal Abidin, ribuan jamaah yang hadir melantunkan syair kebangsaan, Ya Lal Wathan, dengan penuh semangat diiringi oleh grup terbang Az-Zahir.
Sedang di akhir acara, ditutup dengan doa dipimpin oleh Habib Jakfar Al-Kaff. Sebelum doa, Habib Jakfar meminta kepada Habib Ali Zainal Abidin diiringi grup rebana Az-Zahir dari Pekalongan untuk melantunkan sholawat.
Wakil Rektor IV UMK Dr. H. Subarkah SH. M.Hum mengatakan, UMK bersholawat ini dalam rangka  peringatan maulid nabi Muhammas SAW. Di samping itu, untuk  mensyukuri atas aktivitas yang telah dilaksanakan Universitas Muria Kudus selama ini.
Dr. Subarkah,  menyampaikan, UMK Bersholawat digelar selain berharap syafaat Rasulullah Muhammad SAW., sekaligus untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan sivitas akademika dan seluruh jamaah yang hadir.
“UMK Bersholawat tahun ini mengusung tema ‘Berkah Sholawat NKRI Kuat’, sebagai manifestasi kecintaan pada Rasulullah dan memperteguh nasionalisme untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),’’ katanya. (irs)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UMK Bersholawat Puncaki Gelaran Festival Maulid "

Post a Comment