163 Peserta dari 86 SD Ikuti Olimpiade di UMK

Kudus, Bekanews.com – Sebanyak 86 Sekolah Dasar (SD) mengikuti olimpiade Matematika dan IPA yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Prodi PGSD), Fakultas Kegururan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muria Kudus (UMK), Sabtu (25/11/2017) lalu.
86 SD itu meliputi 57 dari Kabupaten Kudus, sembilan SD asal Kabupaten Jepara, 15 dari Kabupaten Pati, Kabupaten Demak dan Kabupaten Grobogan masing-masing 1, dan dari Surakarta ada tiga SD yang ikut ambil bagian dalam olimpiade ini.
Ketua Prodi PGSD, Ika Oktivianti S.Pd M.Pd melalui ketua panitia olimpiade, Sekar Dwi Ardianti M.Pd, menyampaikan, dari 86 SD yang mendaftar, jumlah pesertanya mencapai 163. ‘’Sebanyak 82 peserta mengikuti olimpiade Matematika, sedang 81 lainnya ambil bagian dalam olimpiade cabang IPA,’’ terangnya.
Sekar Dwi Ardianti, menjelaskan, olimpiade ini digelar Prodi PGSD sejak 2015, dan antusiasme SD di Kudus dan sekitarnya cukup tinggi setiap kali event ini digelar. Pada 2015, terangnya, peserta hanya 80 yang semuanya dari Kudus.
‘’Tahun berikutnya (2016), peserta mencapai 150, yang berasal dari Kudus, Pati dan Jepara. Sedang tahun ini, peserta sebanyak 163, yang meliputi dari peserta asal Kudus sendiri, lalu Jepara, Pati, Demak, Grobogan, bahkan ada yang dari Surakarta,’’ ujarnya.
Penyelenggaraan olimpiade ini, dimaksudkan untuk mewadahi pengembangan dan kemampuan peserta didik di bidang Matematika dan IPA. ‘’Selain itu, olimpiade ini sekaligus bisa menjadi sarana para guru pendamping untuk membangun jaringan,’’ katanya.
Sedang hasil olimpiade ini, untuk bidang matematika juara I disabet oleh Ahmad Boutros Fathir (SD Unggulan Terpadu Bumi Kartini Jepara), juara II diraih Steven Darren Wijaya (SD Cahaya Nur Kudus), dan juara III diboyong Dimas Arjuna Septhiyan Zivana (SDII Al Abidin Surakarta).
Untuk bidang IPA, juara I adalah Samuel Alexander Surya (SD Masehi Kudus), juara II Michelle Keisha Natthaya (SD 2 Kanisius Pati), dan juara III diraih Uways Abdul Hamid (MI Ta’mirul Islam Surakarta). (ira

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "163 Peserta dari 86 SD Ikuti Olimpiade di UMK"

Post a Comment