Kualitas Diri Tentukan Kesuksesan Seseorang

Kudus, Bekanews.com - Keberhasilan hidup baik mental maupun finansial, sangat ditentukan oleh seberapa tinggi kualitas diri seseorang. Kualitas diri memiliki peranan penting dalam meraih kesuksesan. Semakin tinggi kualitas seseorang, semakin besar peluangnya menuju kesuksesan.
Rektor Universitas Muria Kudus (UMK) Dr. Suparnyo SH. MS., mengutarakan hal itu di depan para wisudawan Program Pascasarjana (S2) dan Sarjana (S1) periode II Oktober 2017. ‘’Kualitas diri peranannya penting dalam meraih kesuksesan,’’ tegasnya.
Dikemukakannya, kualitas diri merupakan kumpulan dari nilai, karakter, sikap, cara berpikir dan kebiasaan yang dimiliki seseorang. ‘’Kualitas diri dapat ditingkatkan melalui beberapa  cara, seperti fokus pada tujuan, hindari lingkungan negatif, terus belajar, dan jadilah sosok yang rendah hati,’’ tuturnya.
Rektor berharap, setelah diwisuda, para lulusan bisa mengamalkan ilmunya secara bertanggung jawab, berkualitas, santun dan cerdas. ‘’Saudara merupakan bagian dari potensi bangsa, sehingga sangat diharapkan bisa berkiprah dan mengambil peran dalam pembangunan bangsa. Jangan sampai menjadi beban negara atau menimbulkan masalah bagi masyarakat, bangsa maupun negara,’’ tandasnya.
Ketua Yayasan Pembina UMK, J. Wahyu Wardhana SE., M.Si.,Akt., mengingatkan, wisuda tidak sekadar seremonial belaka, melainkan penanda keberhasilan seseorang dalam meraih gelar akademik.
‘’Wisuda harus menjadi momentum keberhasilan, dan menjadi langkah awal untuk mencapai tujuan selanjutnya, di mana tugas dan tantangan yang harus dihadapi dan diatasi itu lebih berat dan komplek dibanding sebelumnya,’’ katanya.
Terkait harapan masyarakat terhadap perguruan tinggi, J. Wahyu Wardhana berharap UMK secara konsisten meningkatkan kualitasnya. ‘’Supaya semakin dipercaya masyarakat, proses belajar mengajar harus dilakukan taat asas sesuai visi dan misinya, tidak hanya sesuai sasaran mutu, melainkan harus dapat pula menunjukkan karya yang bisa dirasakan langsung masyarakat,’’ pesannya.
Wakil Rektor I UMK,   Dr. Murtono M.Pd, menyampaikan, wisuda periode II Oktober 2017 ini dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilakukan pada Rabu (18/10), sedang gelombang kedua dilangsungkan Kamis (19/10). ‘’Jumlah yang lulus pada semester genap 2016/2017 ini sebanyak 898 wisudawan,’’ paparnya.
Hadir dalam wisuda ini, antara lain perwakilan dari koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, Forkompinda Kudus, pengurus Yayasan Pembina UM, pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta sekitar, dan kepala dinas/ instansi di Kabupaten Kudus. (ira)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kualitas Diri Tentukan Kesuksesan Seseorang"

Post a Comment