Mengenal Lebih Dekat FASBuK

Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK), adalah ruang kerja fisik dan pemikiran secara kontinu, untuk mencipta inovasi serta varian-varian sebuah paket kemasan kegiatan dalam bidang kesusasteraan dan kesenian lokal, yang merupakan aset keberagaman kebudayaan nasional dan dekat masyarakat, yang diharapkan menjadi ruang bersama untuk saling berbagi, bertukar pikiran, demi cita-cita luhur tumbuhnya nilai-nilai kesadaran manusia yang berbudaya.
Secara rutin FASBuK menggelar acara sastra dan seni budaya, meliputi apresiasi sastra, sarasehan budaya, pertunjukan musik, tari dan pementasan drama (teater), dan lainnya setiap bulan. Acara tersebut di gelar di berbagai kantung-kantung budaya di Kabupaten Kudus.
Sejak 2010, FASBuK bersama para sastrawan dan seniman Kudus, membuat kegiatan agar kesuastraan serta kesenian di Kota Kretek semarak dan berkembang. Di tahun 2014 akhir hingga sekarang, FASBuK digerakkan oleh lima pemuda, yakni Arfin AM (ketua badan pekerja), Neno (penanggung jawab), Aditya Atmajaya (art director), Nur Hadiyanto (art director), dan M. Fahruddin (stage manager & bendahara), dengan dipandu para pendiri FASBuK.
Sampai 2017 ini, FASBuK telah memberikan ruang kreasi kepada para seniman, sastrawan dan masyarakat yang kreatif dalam karya, baik puisi, cerpen, musik maupun teater (seni pertunjukan).
FASBuK juga merangkul masyarakat dari kalangan muda hingga dewasa, yang selalu setia hadir mengapresiasi, menonton pertunjukan serta diskusinya. FASBuK juga membangun hubungan kerja sama dengan para seniman dari berbagai daerah, antara lain Ekos Dance Comapany (Eko Supriyanto) dari Solo, Ali Sukri (Padang Panjang), Kalanari Theatre Movement (Jogja), Teater Keliling JAKARTA, Teater GONG PATI, serta tokoh-tokoh sastrawan/ penyair untuk bisa menyuguhkan pertunjukan dan menularkan ilmunya di Kudus.
Hingga saat ini, setidaknya sudah lebih dari 40 jenis pertunjukan dengan 500 penampil yang telah menyuguhkan karya-karya untuk Kabupaten Kudus. Antusiasme pengunjung juga senantiasa meningkat dari waktu ke waktu.​ (aam)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat FASBuK "

Post a Comment