Mantap, Lima Mahasiswa Unisnu Raih Prestasi Internasional

Jepara, Bekanews.com – Lima mahasiswa Prodi Pendidikan Guru PAUD Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara, berhasil menorehkan prestasi internasional. Yakni menyabet Runner Up 1 dalam ‘’Competition Developing a Suitable Learning Media for Young Children’’.
Sebuah kompetisi internasional pengembangan Alat Peraga Edukatif (APE) untuk Anak Usia Dini yang diselenggarakan Universitas Negeri Semarang (28-29/9/2017). Kompetisi ini diikuti 13 perguruan tinggi, termasuk dari Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia.
Adalah Akhrizal Lutfiyanto Nafif, Rini Maulidatul Ulum, Sariya Afikha, Lilik Ismatun Nisak dan Septika Nanda Mildayanti, lima mahasiswa yang kini duduk di semester III, yang berhasil menorehkan prestasi internasional itu.
Mereka mempresentasikan karyanya di hadapan para juri bereputasi internasional, seperti Prof. Branislav Pupala (University Trnava Slovakia), Chang Yuen Ching (Lembaga Amurt Malaysia) dan lainnya.
APE yang buat mahasiswa Unisnu adalah “Alat Permainan Edukatif Sinau Budoyo (APE SINDU)”. Alat peraga ini merupakan pengembangan dari permainan ular tangga, berukuran 210 cm x 150 cm dengan desain tampilan gambar berbagai budaya yang ada di Kabupaten Jepara.
“Berbagai potensi daerah, mulai dari tempat wisata, kerajinan tangan dan makanan khas Kabupaten Jepara, digambarkan dalam APE SINDU, agar anak didik mudah memahami,” terang Anita Afrianingsih, dosen pembimbing yang sekaligus kepala Prodi PG PAUD.
Anita Afrianingsih menjelaskan, APE SINDU dapat digunakan untuk pembelajaran bagi anak usia dini hingga TK. ‘’Selain untuk mengenalkan budaya Jepara, alat peraga ini juga berfungsi untuk mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia dini. Inovasi ini bisa diadaptasi dan dikembangkan oleh guru PAUD dan TK,’’ katanya. (ded)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mantap, Lima Mahasiswa Unisnu Raih Prestasi Internasional"

Post a Comment