Kaji dan Jaga Karya Ulama Nusantara

Pati, Bekanews.com - Mahasiswa STIBI Syekh Jangkung diharapkan mampu menggali kembali, menemukan dan mengkaji karya-karya ulama nusantara. Harapan itu dikemukakan A. Ginanjar Sya'ban dalam diksusi yang digelar Kampus STIBI Syekh Jangkung Pati, Sabtu siang (7/10/2017).
Para mahasiswa Program Studi (Prodi) Sejarah Peradaban Islam (SPI) STIBI Syekh Jangkung Pati kerja sama dengan Pustaka Compass. Selain mahasiswa kampus tersebut, diskusi juga dihadiri warga dan organisasi di sekitaran Kecamatan Kayen.
Ada dua narasumber dalam kesempatan itu. Yakni A. Ginanjar Sya'ban, penulis buku 'Mahakarya Islam Nusantara' dan Zainul Milal Bizawie yang dikenal publik dengan karyanya 'Masterpiece Islam Nusantara'.
"Mayoritas Muslim Indonesia jarang memiliki perhatian terhadap karya ulama Nusantara, padahal mereka memiliki banyak karya yang dahsyat, bahkan di Eropa, Tanah Haramain, Afrika banyak karya ulama Nusantara yang karyanya masih digunakan dan populer hingga kini," ujar Ginanjar.
Alumnus Pondok Lirboyo itu mengutarakan, Indonesia kaya akan khazanah peradaban di dunia internasional dengan karya-karya prestisius. ‘’Jika kita tidak perhatian terhadap karya-karya itu, bisa jadi akan musnah. Ironinya lagi, apabila ada yang menganggap karya ulama Nusantara sebagai mitos,’’ tegasnya. (udin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kaji dan Jaga Karya Ulama Nusantara"

Post a Comment