Perlu Gerakan Dorong Masyarakat Manfaatkan Informasi Digital Secara Bijak

Jakarta, Bekanews.com - Pegiat literasi digital perlu membuat matrikulasi berdasarkan biografi (usia, jenis kelamin, pekerjaan, penghasilan, dll), demografi (geografis, lokasi tinggal), sosiografi (kelompok sosial, komunitas, dll), dan psikografi (perilaku, persepsi, gaya hidup, motivasi, dll).
Matriks tersebut untuk memetakan dengan jelas, siapa saja stakeholder yang telah aktif atau memiliki kompetensi mengisi field tertentu pada matriks tersebut, ataupun yang masih memerlukan konsentrasi dan intervensi dari stakeholder terkait.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengutarakan hal itu dalam audiensi dengan penggiat literasi digital di Jakarta, Senin (18/9/2017), menanggapi hasil penelitian Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi) yang disampaikan Soraya Fadhal.
Pada kesempatan itu, Menkominfo Rudiantara didampingi Dirjen Aplikasi informatika, serta Tenaga Ahli Menkominfo Bidang TIK beserta tim. Nampak hadir pula pada audiensi tersebut, tim pelaksana Gerakan Nasional Literasi Digital #SIBERKREASI dan penggiat Indonesia Child Online Protection (ID-COP).
Soraya Fadhal, menyampaikan, penelitian Japelidi didorong oleh keprihatinan akademisi yang sebagian besar berlatar belakang ilmu komunikasi, atas mudahnya masyarakat memiliki gawai dan mengakses informasi melalui media digital.
‘’Kemudahan itu membawa berkah dan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Masyarakat dapat meningkatkan kreativitas, mendorong berkembangannya e-commerce, dan sebagainya. Namun di sisi lain, juga memunculkan berbagai persoalan, antara lain maraknya ujaran kebencian, menyebarnya berita hoaks, cyberbullying, penipuan dan kejahatan seksual melalui media daring,’’ katanya.
Menurut peneliti Japelidi tersebut, fakta menunjukkan rendahnya pemahaman tentang informasi digital, sehingga perlu gerakan literasi digital supaya masyarakat bisa memanfaatkan informasi digital secara bijak. (ira)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perlu Gerakan Dorong Masyarakat Manfaatkan Informasi Digital Secara Bijak"

Post a Comment