Jaga Tradisi Tak Sembelih Sapi

Kudus, Bekanews.com – Sebagian besar masyarakat muslim di Kabupaten Kudus, masih menjaga tradisi menyembelih kerbau dan tidak menyembelih sapi. Tidak menyembelih sapi bagi warga Kudus, adalah pesan penting Kanjeng Sunan Kudus yang memiliki makna toleransi tinggi.
Pesan Sunan Kudus agar masyarakat Kudus tidak menyembelih sapi, bukan tujuan untuk melarang. Sebab, Islam sendiri tidak melarang menyembelih sapi, melainkan sebagai simbol penghormatan kepada pemeluk agama non Islam yang memandang sapi sebagai hewan suci.
Sebagai gantinya, masyarakat Kudus pun lebih memilih menyembelih kerbau atau kambing. Hal itu nampak pula dalam penyembelihan kurban di ‘Masjid’ Raudlatul Jannah di Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Sabtu (2/9/2017).
Dalam penyembelihan hewan kurban yang dilakukan oleh H. A. Syakuri itu, hewan yang dipilih juga kerbau dan kambing. Ini menjadi penanda, simbolisasi pesan budaya Sunan Kudus agar menghormati pemeluk agama lain dengan tidak menyembelih sapi, masih dijaga dengan teguh sampai sekarang. (din)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jaga Tradisi Tak Sembelih Sapi "

Post a Comment