Empat Alasan Mengapa Mahasiswa Mesti Gabung UKM

Perguruan tinggi-perguruan tinggi di tanah air saat ini, kini telah menerima mahasiswa baru dan rata-rata telah menyelenggarakan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) dan semacamnya dengan nama yang beragam.
Setelah resmi menjadi mahasiswa dan telah mengikuti Ospek, salah satu yang didapat mahasiswa baru itu, yakni informasi mengenai beragam organisasi kemahasiswaan (Ormawa) atau yang biasa dikenal dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dengan bidang peminatan yang berbeda-beda.
Lalu, apakah mahasiswa baru harus masuk di salah satu UKM? Tidak wajib. Namun berikut ada beberapa hal positif yang akan didapat mahasiswa jika bergabung dengan UKM, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan apakah akan masuk di UKM atau tidak.
1.      Penyaluran Minat dan Bakat
Ormawa atau UKM adalah wadah yang diberikan oleh pihak kampus, sebagai penyaluran minat dan bakat mahasiswa. Begitu beragamnya minat dan bakat mahasiswa, sehingga wadah yang disiapkan pun beragam pula. Dengan masuk di salah satu UKM yang diminati, mahasiswa akan semakin terasah kemampuannya jika mau serius menekuni minat dan bakat yang dimilikinya.

2.      Relasi (Teman) Baru
Ini tentu hal yang sangat menarik. Dengan masuk (bergabung) di salah satu UKM yang diminati, mahasiswa akan memiliki teman dan relasi baru. Teman baru yang sama dalam minat itu, bisa menjadi mitra penting dalam mengasah kemampuannya.

3.      Ukir Prestasi
Ada banyak kompetisi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di berbagai daerah di Indonesia. Dengan kemampuan yang baik melalui proses yang ditempuh di UKM, seorang mahasiswa juga memiliki peluang besar untuk mengukir prestasi, mengharumkan almamaternya dan juga orang tuanya.

4.      Miniatur Kehidupan Bermasyarakat
Hal positif lain yang tak kalah penting dengan bergabung di UKM, bahwa belajar di organisasi ini menjadi laboratorium kehidupan yang sangat menarik bagaimana bermasyarakat. Sebab, organisasi tak ubahnya miniatur dari kehidupan sosial.

Nah, bagi kalian para mahasiswa baru, silakan baca baik-baik empat hal di atas, renungkan, lalu tentukanlah pilihanmu, apakah mau bergabung di Ormawa (UKM) atau tidak. (irs)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Empat Alasan Mengapa Mahasiswa Mesti Gabung UKM "

Post a Comment