Didampingi Akademisi, Nabila Cake & Bakery Lebih Tertata

Kudus, Bekanews.com – Manajemen yang baik bagi usaha, terlebih usaha cake & bakery, sangat penting. Sehingga usaha bisa berjalan dengan baik, produktivitas meningkat, laporan keuangan tertara, sehingga bisa diatur sedemikian rupa dan tidak terjadi pemborosan.
Manfaat dari manajemen usaha yang baik, itulah yang te;ah dirasakan pelaku usaha Nabila Cake & Bakery di Desa Besito, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, yang dirintis dan dikembangkan oleh pasangan Harto dan Sri Akhiriyani (Nunik).
Keduanya menghadapi beberapa permasalahan dalam mengelola usahanya, antara lain manajemen  keuangan kurang baik, pola manajemen masih sederhana, tidakadanya standar laporan keuangan, alat produksi kurang memadai, sulitnya permodalan, desain kemasan masih sederhana, dan layout produksi belum tertata dengan baik.
Namun itu semua berubah, setelah ada pendampingan dari dua dosen Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus (UMK), yaitu Nafi’ Inayati Zahro SE. M.Si dan Aprilia Whetyningtyas SE. M.Si.
Pendampingan dilakukan berkat hibah pengabdian yang didapat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) melalui proposal ‘’Ibm Kelompok Usaha Cake & Bakery Di Desa Besito Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus” yang diusulkan.
Menurut Nafi’ Inayati Zahro, ketua tim hibah, Nabila Cake & Bakery di Desa Besito telah menjadi favorit warga sekitar untuk membeli beragam jenis roti dan kue. ‘’Pendampingan bertujuan agar pelaku usaha mitra antara lain mampu mengelola keuangan secara baik, dan menata pembukuan dengan benar sesuai standar,’’ ungkapnya.
Selain itu, lanjutnya, pelaku usaha mitra diharapkan mampu melakukan berbagai inovasi dengan memanfaatkan teknologi, meningkatkan pemahaman akan manajemen usaha yang benar, bisa meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan mencegah pemborosan.
‘’Bersyukur sekali, setelah pendampingan dan pelatihan melalui hibah pengabdian ini, terjadi peningkatan omzet yang cukup menggembirakan. Manajemen usaha Nabila Cake & Bakery kini lebih tertata dengan baik dan sistematis, sehingga memperoleh kemudahan mendapatkan pendaanaan dari lembaga keuangan seperti perbankan,’’ katanya. (ira)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Didampingi Akademisi, Nabila Cake & Bakery Lebih Tertata "

Post a Comment