Komunitas Iniibubudi, Merawat Sastra di Lereng Muria

Kudus, Bekanews.com – Kesinambungan regenerasi sastra, membutuhkan peran banyak pihak. Sebab, untuk menanamkan ruh sastra dan mencetak para sastrawan, perlu waktu yang cukup lama.
Untuk itu, butuh kepedulian sastrawan atau komunitas yang konsens untuk membimbing para generasi muda, agar generasi sastrawan tidak terputus. Dan itu, salah satunya diambil oleh Komunitas Iniibubudi Kudus.
Komunitas yang digagas oleh sastrawan Asa Jatmiko dan penggiat seni, Saliem Sabendino. Ini didirikan sebagai ikhtiar merawat sastra di seputaran Lereng Muria, yang meliputi Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, dan Kabupaten Pati.
Bidang garapan Komunitas Iniibubudi, antara lain bergerak di bidang pelatihan dan penerbitan buku. Selain itu, komunitas ini juga melakukan lawatan sastra ke sekolah-sekolah dengan melibatkan pelajar.
Selain Asa Jatmiko dan Saliem N. Muhammad, sejumlah sastrawan yang mendukung lawatan sastra di sekolah-sekolah di Lereng Muria, antara lain Aloeth Pathi, Arif Khilwa, dan Asyari Muhammad.
Komunitas Iniibubudi Kudus bermarkas di Jl. kelapa sawit V/6, RT 4 RW II Perumahan Megawon Indah, Kecamatan Jati, Kudus. Selain lawatan sastra, komunitas ini telah menerbitkan buku kumpulan puisi ‘’Tak Retak’’ karya Asa Jatmiko, dan kini sedang mempersiapkan penerbitan "Jejak sajak Mas'udi Dec" bekerja sama dengan Sastra Muda Jepara (Samudra).
Komunitas Iniibubudi ini terbuka untuk umum, dan siapa pun bisa berpartisipasi atau bergabung. Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi e-mail: iniibubudi.publishing@gmail.com atau melalui HP: 085740666680. (irs)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komunitas Iniibubudi, Merawat Sastra di Lereng Muria "

Post a Comment