Fakultas Pertanian UMK Agendakan Rehabilitasi Gunung Kendeng

Kudus, bekanews.com – Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus (UMK), mengagendakan rehabilitasi Gunung Kendeng yang berada di seputaran Desa Wonosoco (Kudus), Sukolilo (Pati) serta Klambu dan Brati (Grobogan).
Hal itu dikemukakan Wakil Dekan I Pertanian Drs. Hendy Hendro HS. M.Si di sela-sela kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan Mikro Organisme Lokal (MOL) di Desa Wonosoco, Kamis (3/8/2017) lalu.
‘’Kami akan mengagendakan rehabilitasi Gunung Kendeng, khususnya di Wonosoco, Sukolilo, serta Klambu dan Brati. Ini sebagai wujud nyata kepedulian Fakultas Pertanian UMK terhadap kelestarian lingkungan,’’ ujarnya.
Dalam pelaksanaannya, pihak Fakultas Pertanian akan menggandeng berbagai instansi atau organisasi, antara lain Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai (BP DAS), dan Forum DAS Muria.
‘’Rehabilitasi lahan di Gunung Kendeng ini mendesak dilakukan, dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat, karena banyak lahan yang kritis. Rehabilitasi ini sebagai upaya perbaikan lingkungan,’’ katanya.
Tanaman untuk rehabilitasi lahan di Gunung Kendeng, menurutnya, tidak sekadar yang bisa ditanam, tetapi yang memiliki nilai ekonomi, sehingga bisa meningkatkan penhdapatan masyarakat.
‘’Masukan dari kepala Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kudus, tanaman yang potensial untuk pelestarian sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat, di antaranya mangga, kelengkeng, dan jambu air,’’ paparnya. (ira)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakultas Pertanian UMK Agendakan Rehabilitasi Gunung Kendeng "

Post a Comment