Empat Mahasiswa Thailand Turut Serta dalam English Factory Visit

Kudus, Bekanews.com – Sebanyak 83 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK), mengikuti  ‘’English Factory Visit 2017’’ pada Rabu (9/8/2017) lalu.
Dari 83 mahasiswa peserta english factory visit tersebut, empat di antaranya berasal dari Hatyai University Thailand, yaitu Mr. Fakkrudien Buhas, Ms. Sureeyatee Salon, Mr. Khoirol Sahoh dan Hamedah Saah.
English factory visit ini, merupakan kegiatan yang digelar sebagai praktikum lapangan mata kuliah Academic Speaking dengan dosen pengampu Farid Noor Romadlon S.Pd. M.Pd. selain Farid, dalam kegiatan ini para mahasiswa juga didampingi oleh enam dosen Prodi PBI lain.
‘’Para mahasiswa diajak mengunjungi sejumlah tempat milik salah satu industri kretek di Kudus, antara lain di Sigaret Kretek Tangan (SKT) Karangbener, Oasis, dan pusat pembibitan tanaman,’’ katanya.
Tujuan dari kegiatan ini, yaitu mengaplikasikan kemampuan Bahasa Inggris, terutama public speaking skill di konteks yang nyata, meningkatkan kemampuan speaking mahasiswa, dan menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa tentang budaya asli Indonesia, khususnya kretek.
‘’Kegiatan ini diharapkan memotivasi mahasiswa untuk menambah pengalaman dan memperluas jaringan (networking) di luar kampus serta menjalin kerja sama antara UMK dengan stakeholders,’’ Farid menambahkan.
Menurut pengakuannya, factory visit kali ini berbeda dengan yang pernah dilakukan sebelumnya, karena di setiap tempat yang dikunjungi, penjelasan dilakukan oleh mahasiswa yang bertugas menjadi tour leader didampingi petugas dari perusahaan terkait.
Apresiasi positif pun dilayangkan para peserta yang antusias mengikuti kegiatan ini. Bahkan tak sedikit mahasiswa yang mencoba melinting rokok kretek di tempat produksi Sigaret Kretek Tangan (SKT) di sembari tetap berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.
"It's great. I'm invited to this program. Very interesting activity to know Indonesian, especially Kudus culture about Kretek. I'm so impressed ‘ngelithing’ process." (Senang sekali saya di undang dalam program ini. Mengetahui budaya Indonesia, terutama Kudus tentang Kretek, merupakan hal yang menarik. Saya sangat terkesan, apalagi bisa mencoba ikut ‘ngelinting’,’’ ujar Ms. Sureeyatee Salon, salah satu mahasiswa asal Thailand yang ikut serta dalam kegiatan itu. (ira)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Empat Mahasiswa Thailand Turut Serta dalam English Factory Visit "

Post a Comment