Sedekah Bumi Wujud Rasa Syukur kepada Sang Pencipta

Kudus, Bekanews.com - Sabtu (29/7/2017) sekitar pukul 13.30 Wib di halaman Balai Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kudus digelar gebyar Langen Beksan Tayub dalam rangka sedekah bumi di desa tersebut.
Ratusan warga hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Desa (Pemdes) Rahtawu. Hadir pada kesempatan itu, di ataranya Kapten Inf Sukaryono (Danramil 08/Gebog), Arif Suwanto S. Sos. MM. (Camat Gebog), Bambang Gunadi (Sekcam Gebog), serta dr. Yudo (kepala UPT Puskesmas Gondosari).
Selain itu, ada Tulus Santosa (Kasi Yanum Gebog), Imam Supardi (Kasi Tapem Gebog), Sariyono (Subbag Bendera Gebog), Babinsa dan Babin Kamtibmas Desa Rahtawu, Sugiono (Kades Rahtawu), dan jajaran para perangkat desa.
Sugiono mengaku bangga kepada warganya yang telah saling bahu membahu  menyelenggarakan sedekah bumi yang digelar rutin setiap tahun. ‘’Sedekah bumi dengan hiburan tradisional seni Tayub ini merupakan upaya meneruskan jejak para pendahulu. Warga tidak berani meninggalkan pagelaran Tayub,’’ ungkapnya.
Camat Gebog, Arif Suwanto. S.Sos. MM., memaparkan, selametan dalam sedekah bumi, merupakan sarana berdoa dan bersyukur, karena melimpahnya hasil bumi serta tidak terjadi bencana (malapetaka) yang ditimbulkan oleh alam.
‘’Sedekah bumi ini adalah tradisi masyarakat Desa Rahtawu yang setiap tahun dilaksanakan. Tujuannya, mengingat dan bersyukur kepada Sang Pencipta. Ini tradisi (budaya) yang harus diuri-uri atau dilestarikan,’’ tegasnya. (yan)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sedekah Bumi Wujud Rasa Syukur kepada Sang Pencipta "

Post a Comment