Ihwal Halaqah Kubro Iksab TBS

Dewasa ini, berbagai fenomena serta dinamika sosial hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang kaya akan Ras, Suku, Budaya serta Agama. Era globalisasi, secara nyata, juga memberikan beragam tantangan yang menjadi PR besar untuk mencapai masyarakat madani.
Lunturnya nilai-nilai kerukunan, tasamuh (toleransi), ta'awun (gotong royong), hak asasi manusia (HAM) isu ke-Bhineka-an dan lain sebagainya, memerlukan solusi dan jawaban dari berbagai elemen bangsa.
Ahlu al-sunnah wa al-jama’ah (Aswaja), sejak dulu ‘menjadi inspirasi’ bagi kebanyakan penganutnya, dalam mewujudkan impian indah tentang masyarakat madani, dengan penampilan kerukunan universalnya.
Santri mengambil peran besar di sini. Di luar itu, santri juga sebagai salah satu pemegang dan pewaris literatur khazanah Islam. Ia tak ubahnya benteng yang kuat, dalam menghadapi berbagai problem (permasalahan) keummatan, dari dari internal maupun eksternal, baik skala regional, nasional, hingga global.
Beragam fenomena yang muncul, seringkali menjadi diskursus (wacana) yang ‘tidak pernah membosankan’ untuk diperbincangkan, baik melalui konten-konten media massa hingga memenuhi ruang-ruang diskusi yang banyak digelar.
Salah satu yang mengambik peran dalam diskursus sekaligus ikhtiar mencari jawaban atas problem-problem sosial dan kebangsaan itu, adalah yang dilakukan para alumni madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyyah (TBS) atau Ikatan Siswa Abiturien (Iksab) melalui "Halaqah Kubro" pada 5-6 Juli 2017.
Halaqah Kubro, merupakan acara yang dirancang sedemikian rupa, yang antara lain diisi dengan bahtsul masa'il, seminar nasional, dan tentu saja sebagai ruang silaturahmi bagi para alumninya yang berasal dari berbagai kota di negeri ini.
Bahtsul masail, sebagaimana dikenal, adalah sebuah ajang diskusi ala Aswaja khas pesanteran, untuk menumbuhkan semangat i’tiradl, yaitu perdebatan argumentatif dengan berlandaskan al-kutub al-mu’tabaroh.
Dan Halaqah Kubro ini bukanlah ruang silaturahmi yang pertama kali digelar Madrasah dan Iksab TBS. Karena belum lama berselang, juga digelar "Ngaji Bareng Masyayikh TBS’’ yang dihadiri ribuan alumni Madrasah TBS. (M. Bayhaqi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ihwal Halaqah Kubro Iksab TBS "

Post a Comment