Menarik, Muslim-Non Muslim Halalbihalal Bareng

Jepara, Bekanews.com - Open house dan halalbihalal yang tak biasa dan menarik digelar oleh PCNU Jepara di Gedung NU Jl. Pemuda No. 51, Jumat (30/06) siang. Tidak sekadar dihadiri ratusan orang yang berasal dari pengurus NU, Banom, Lembaga, MWCNU se-Jepara dan H. Muhdi, mantan Kepala Kemenag Jepara.
Namun halalbihalal tersebut diikuti pula oleh tokoh umat kristiani yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Antar Gereja (BKSAG). Nampak hadir antara lain Pdt. Danang Kristiawan (GITJ), Pdt. Priyo Kuncoro (GKKD), Linggom Manurung (GKMI), Yuli (Katholik) dan Maria (GBT Alika).
Rais Syuriah PCNU Jepara, KH. Ubaidillah Noor Umar, menyampaikan, halalbihalal yang dihadiri pula oleh umat non muslim itu, menjadi penanda bahwa ukhuwah wathaniyah di Jepara, terbangun dengan baik.
‘’Antara muslim dan non muslim bisa berkumpul dalam ibadah ghairu mahdlah. Kita tidak mungkin mengundang umat kristiani dalam shalat Jumat, shalat Idul Fitri atau shalat Isya’,” jelas Mbah Ubaid.
Pengasuh pesantren Darul Ulum Desa Bandungharjo, Kecamatan Donorojo itu pun mewanti-wati, agar umat islam, khususnya warga NU, bisa berkumpul dengan umat lain baik itu Kristen, Budha dan Hindu dalam koridor ukhuwah wathaniyah (persaudaraan kebangsaan). ‘’Terkait meminta maaf, jangan cuma saat Idul Fitri saja. Setiap hari meminta atau diminta, maka harus saling maaf-memaafkan,” tegasnya.
Ketua PCNU Jepara, KH. Hayatun Abdullah Hadziq, mengapresiasi halalbihalal yang juga melibatkan umat non muslim. “Alhamdulillah tradisi halalbihalal kali ini semakin meriah dibanding tahun sebelumnya,” ungkapnya. (qim)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menarik, Muslim-Non Muslim Halalbihalal Bareng "

Post a Comment