Lawatan Sastra Penyair Lereng Muria

Kudus, Bekanews.com - Empat penyair Lereng Muria, antara lain Aloeth Pathi, Arif Khilwa, Asyari Muhammad dan Asa Jatmiko, akan menggelar lawatan sastra, yang diisi dengan serangkaian diskusi dan baca puisi keliling sekolah di Eks Kresidenan Pati.
Putaran pertama akan berlangsung pada Sabtu (29/7/2017) di SMPN 3 Satu Atap, Kecamatan Gebog, Kudus. Kegiatan literasi yang digagas dan dilaksanakan secara mandiri ini, berangkat dari satu niat bersama, yakni menggairahkan sastra terutama dari kalangan pelajar dan pendidik di sekolah-sekolah.
"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membumikan sastra, terutama puisi di kalangan para pelajar," Asyari Muhammad, penyair muda Kabupaten Jepara, berujar.
Dia mengemukakan, pertemuan para penyair dan para pelajar bersama para pendidik dalam sebuah forum semacam ini, bisa membawa nilai tambah bagi para siswa. sebab, peserta didik akan mendapatkan pengalaman langsung, yang tidak didapat di bangku sekolah.
Arif Khilwa, penyair Pati, melalui forum ini, peserta didik bisa bertemu langsung dengan pelaku sastra. Dengan begitu, akan terjadi dialog, yang pada gilirannya bisa mendorong proses kreatif peserta didik.
"Anak-anak sekarang semakin kreatif, apalagi era saat ini yang memungkinkan setiap orang multi-tasking. Persoalannya, bagaimana sastra dan kesastraan tetap menjadi bagian penting dari kebudayaan sebuah bangsa di tengah era maju saat ini," tambah Arif Khilwa yang disambut anggukan Aloeth Pathi.
Asa Jatmiko, mengemukakan, regenerasi pelaku sastra dan gairah kesastraan di Lereng Muria, saat ini sudah mati suri. "Untuk itu, perlu disemai benih dan penciptaan ladang-ladang sastra bagi mereka,’’ tuturnya.
Sementara itu, untuk ikut terlibat dalam serangkaian kegiatan ini, informasi selengkapnya bisa menghubungi Asa Jatmiko (08122872180), Asyari Muhammad (081326437384), Arif Khilwa (085225908259), dan Aloeth Pathi (085225149959). (liem)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lawatan Sastra Penyair Lereng Muria"

Post a Comment