Gus Rozin: Sepakbola Olah Raga yang Digemari

Jakarta, Bekanews.com – ketua Pengurus Pusat Rabithah Ma’ahid Islamiyah (PP RMI) Nahdlatul Ulama (NU), KH. Abdul Ghofarrozin, mengatakan, sepakbola merupakan olah raga  yang digemari  masyarakat dan mudah diserap menjadi bagian merajut kehidupan sosial  yang harmonis dalam budaya Indonesia karena  kesederhanannya. 
‘’Sepak bola terbukti mampu menjadi kegiatan yang inklusif, dan menembus sekat-sekat  perbedaan suku, etnis, bahasa, keyakinan, serta simbol-simbol primordial lainnya. Di  pesantren, eratnya sepak bola dengan kehidupan santri, menjadikannya sebagai kegiatan unggulan,” jelas Gus Rozin –sapaan akrab KH. Abdul Ghofarrozin.
Dia yang dalam Liga Santri Nusantara (LSN) 2017 ini didaulat sebagai ketua pelaksana, mengutarakan, pesantren dan sepak bola merupakan dua simbol pemersatu semenjak  keduanya tumbuh menjadi bagian dari perjalanan bangsa Indonesia. 
H. Muhaimin Iskandar, inisiator LSN, mengemukakan, ada potensi besar dalam diri santri di sepak bola, akan tetapi belum ada pembinaan secara terukur dan terarah di kalangan  santri. ‘’LSN merupakan wadah yang tepat untuk memfasilitasi lahir dan tumbuh  kembangnya bibit pesepakbola  profesional, yang dapat mengusung nama baik Indonesia  di  ajang sepak bola nasional dan internasional,” paparnya.
Cak Imin –demian ia biasa disapa- pun berharap, LSN bisa menjadi cerminan Islam damai, progresif dan berwawasan kebangsaan, untuk menjaga persatuan dan kesatuan negara. ‘’Pesantren dan sepak bola menjadi bagian dari perjalanan bangsa Indonesia. Pesantren sebagai tempat menuntut ilmu, berkembang menjadi agen perubahan sosial melalui nilai-nilai keislaman dengan wawasan kebangsaan, mendorong proses terbentuknya NKRI,’’ bebernya.
Bagi KH. Said Aqil Siradj, ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), melalui sepak bola, LSN dan kampanye Ayo Mondok RMI-NU, bisa menjadi platform untuk menggalang nilai-nilai kebersamaan dan kerja sama, yang merupakan komponen penting  bagi keutuhan negara. (rls)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gus Rozin: Sepakbola Olah Raga yang Digemari "

Post a Comment