Tradisi Unik Itu Bernama Halalbihalal

Jakarta, Bekanews.com – Halalbihalal menjadi satu tradisi khas Islam Indonesia yang sangat unik. Yaitu tradisi saling memberi maaf antara satu dengan lainnya, pada momentum Idul Fitri (Lebaran).
Tradisi halalbihalal ini pula, yang kemudian melahirkan tradisi lain yang tak kalah unik, yaitu tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman. Sebuah momentum yang senantiasa ditunggu-tunggu, untuk berkumpul bersama keluarga merayakan Idul Fitri dan juga saling berkunjung ke sanak saudara.
Prof. Dr. Nur Syam M.Si., dalam ''Tradisi Indonesia, Halalbihalal'' yang dilansir nursyam.uinsby.ac.id, menjelaskan, halalbihalal merupakan tradisi yang sudah mengakar, dan banyak orang Indonesia yang menjadikannya sebagai momentum penting di dalam prosesi kehidupannya.
‘’Sungguh tidak diketahui secara pasti kapan tradisi ini bermula. Tetapi yang jelas sudah menjadi tradisi khas Indonesia, jauh sebelum Indonesia menjadi semakin modern. Dan anehnya meskipun masyarakat Indonesia sudah modern akan tetapi tradisi ini nampaknya tidak akan lekang oleh panas dan lapuk oleh hujan,’’ katanya.
Halalbihalal menjadi fenomena menarik, karena tak tergantikan oleh peradaban modern berikut perkembangan teknologinya. ‘’Di era modern, sesungguhnya saling berucap maaf bisa dilakukan melalui ponsel, facebook, twitter dan lainnya. Akan tetapi kerinduan untuk saling bertemu fisik serta kerinduan akan tanah kelahiran, ternyata jauh lebih penting dari apa saja,’’ tuturnya. (din)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tradisi Unik Itu Bernama Halalbihalal "

Post a Comment