KPTN-KTI Tegaskan Komitmen Jaga Keutuhan NKRI

Makassar, Bekanews.com – Sebanyak 29 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang tergabung dalam Konsorsium Kawasan Timur Indonesia (KPTN-KTI) menggelar dialog dan deklarasi pernyataan terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika bersama Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir di Universitas Hassanudin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan, belum lama ini.
Dilansir dikti.go.id, acara ini dihadiri antara lain Presidium KPTN-KTI yang diketuai Rektor Unmul Masjaya, Wakapolri Komjen Polisi Syafruddin, Pejabat Eselon I di lingkungan Kemenristekdikti dan para Rektor serta Direktur anggota KPTN-KTI
Rektor Unhas, Dwia Aries Tina Pulubuhu, tuan rumah deklarasi, mengatakan, KPTN-KTI berkomitmen memegang teguh UUD 1945 dan Pancasila. Itu dibuktikan dengan PTN baru maupun yang sudah lama berdiri juga mengalami kenaikan jumlah yang menggembirakan dalam hal peningkatan bela Negara.
Dwia menambahkan, PTN-KTI ingin menunjukkan semangat dalam satu kesatuan dengan menjunjung tinggi NKRI, dengan menggandeng partisipasi aktif masyarakat dengan meningkatkan pembinaan karakter dan menyosialisasikan bahaya radikalisme kepada mahasiswa. “Komitmen kebangsaan dan cinta kami kepada Pancasila dan NKRI tidak akan pernah luntur dan melemah,’’ tegasnya.
Komjen Polisi Syafruddin, pada kesempatan itu mengemukakan pentingnya menginternalisasikan nilai-nilai cinta tanah air kepada generasi bangsa. Menurutnya, Pancasila merupakan penopang kokohnya NKRI. ‘’Dan sejauh ini, rakyat tetap berkomitmen memegang teguh Pancasila,’’ paparnya dalam acara yang juga dihadiri sekitar 500 mahasiswa tersebut.
Sementara Menristekdikti, Mohamad Nasir, menegaskan peran penting kampus dalam menjaga keutuhan Negara. “Deklarasi ini sangat penting sebagai bentuk penegasan dan komitmen bersama melawan dan menolak paham dan gerakan yang dapat melemahkan ideologi dan dasar negara,” katanya. (ira)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KPTN-KTI Tegaskan Komitmen Jaga Keutuhan NKRI"

Post a Comment