Kenakan Busana Adat, Dikenalkan Nilai-nilai Keberagaman

Kudus, Bekanews.com – Upacara pelepasan anak sekolah menggunakan seragam formal, itu sudah biasa. Namun berbeda ceritanya jika dalam proses wisuda, yang dikenakan adalah busana daerah dari berbagai daerah di Nusantara. Kesannya tentu lebih menarik dan unik.
Kesan menarik dan unik itulah yang nampak dalam acara pelepasan PAUD Al-Azhar Jekulo, Kudus, belum lama ini. Para calon wisudawan, nampak terlihat gagah dan cantik dengan busana daerah Nusantara yang beraneka ragam.
Pemilihan busana daerah bagi anak-anak dalam wisuda ini, tentu bukan tanpa maksud. ''Mengenakan busana daerah ini sengaja kami pilih, untuk mengenalkan keberagaman yang ada di tanah air sejak dini,'' ujar ketua penyelenggara PAUD Al-Azhar, Eni Misdayani S.Ag MM.
Dengan mengenal keberagaman yang ada di negerinya melalui busana yang dikenakan ini, lanjut Eni menambahkan, diharapkan nilai-nilai penghargaan untuk menghormati sesama, ini tumbuh sejak dini. ‘’Dengan memahami serta menghargai keberagaman dan perbedaan lah, maka kerukunan akan terjalin,’’ ungkapnya.
Sementara kreativitas, nampak terlihat dalam busana lain yang dikenakan anak-anak yang masih duduk di Taman Asuh Anak (TAA), dengan mengenakan konstum yang dibuat dari koran bekas.
Fahrisin Ni’mah, koordinator TAA, mengutarakan, untuk pembuatan ‘busana’ unik bagi anak-anak itu, membutuhkan ketelitian dan kesabaran. ‘’Sekitar sepekan kami menyiapkan busana ini. Mulai bagaimana konsep busana yang mau diusung, hingga membuatnya,’’ katanya.
Penanaman kreativitas terhadap anak-anak, tidak sekadar terlihat dalam kostum unik yang disiapkan dan dikenakan, tetapi juga nampak dalam berbagai atraksi (pementasan) yang disuguhkan dihadapan ratusan yang hadir, yang terdiri atas tamu undangan, orang tua murid dan juga peserta didik yang hadir.
Berbagai pementasan itu, antara lain drum band, baby dancing, goyang pinguin, tari matematika, dan senam gembira. Semua atraksi yang disuguhkan anak-anak itu, sangat menarik, sehingga orang tua dan tamu undangan yang datang pun nampak asyik menikmati sembari mengabadikan berbagai pementasan yang disuguhkan saat itu. (drs)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenakan Busana Adat, Dikenalkan Nilai-nilai Keberagaman "

Post a Comment