‘’Temaram’’ Jadi OST Bintang di Langit Jakarta

Kudus, Bekanews.com - “Temaram”, sebuah lagu karya anak-anak Omah Dongeng Marwah (ODM) di Kabupaten Kudus, menjadi Original Sound Track (OST) dari short movie "Bintang di Langit Jakarta".
Film pendek ini hadir bermula dari obrolan kecil anak-anak ODM, yang berniat mengisi liburan sekolah mereka dengan membuat film yang diangkat dari karya mereka sendiri, beberapa waktu lalu.
Adalah Orion Bima Wicaksana, Balya Arung Segara, dan Tsaqiva Kinasih adalah anak-anak remaja ODM lain, yang berinisiatif membuat film itu. Sahabat-sahabat mereka di ODM yang sebagian besar masih duduk di bangku SD dan SMP, menyambut baik.
Mereka lalu mulai menyiapkan naskah dan segala peralatan film sederhana yang dimiliki ODM, mulai kamera, lampu, slider, dan tentu segala pengetahuan dan pengalaman mereka yang amat sederhana tentang film.
Bintang di Langit Jakarta merupakan film yang bercerita tentang anak pemulung yang sangat rindu melihat bintang, seperti yang kerap diceritakan ayahnya. Dengan matanya yang rabun, Jiwa -nama anak pemulung berusia 6 tahun itu yang nyaris buta- melihat benda dalam temaram malam.
Kehidupan pemulung sebetulnya cerita yang sangat klise. Tetapi, mereka berhasil memotret kehidupan pemulung tersebut dari sisi kemanusiaan, dengan imajinasi anak-anak.
Naskah film ini diangkat dari cerpen karya Tsaqiva Kinasih yang ditulis untuk penyusunan “Modul Pendidikan Anak dan Remaja”, yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI akhir 2016 lalu, bersama 18 anak remaja seluruh Indonesia lain.
Dalam film pendek ini, Tsaqiva Kinasih (kelas 2 SMP) bertindak sebagai sutradara. Ia juga menulis naskah film dan membuat lagu OST film “Bintang di Langit Jakarta” dengan judul “Temaram” dan menyanyikannya sendiri.
Orion Bima Wicaksana (kelas 3 SMP) bertindak sebagai kameramen atau director of photography (DoP) bersama Balya Arung Segara (kelas 2 SMU). Tunggul Hari Wicaksono (kelas 2 SMP) sebagai prop master, Ervina Damayanti (kelas 2 SMP) menggawangi departement of wardrobe.
Pencatat adegan dilakukan Eka Diana Putri dan Resar (kelas 3 SMP). Sementara, audioman dipegang oleh Tiyo Ardiyanto (kelas 2 SMP). Aktor utama, Jiwa, diperankan oleh Radian (kelas 4 SD). Sedang tokoh “Bapak”diperankan oleh Edy Supratno dan Ibu diperankan Nova. Simak di https://www.youtube.com/watch?v=pBUfa0l6N38&feature=youtu.be. (irs)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "‘’Temaram’’ Jadi OST Bintang di Langit Jakarta"

Post a Comment