Kartunis dari 34 Negara Ambil bagian dalam AMICC 2017

Semarang, Bekanews.com - Antusiasme kartunis dari belahan dunia untuk mengikuti Astra Motor International Cartoon Contest (AMICC) 2017 luar biasa. Sejak dibuka pada 5 Januari 2017 lalu, panitia telah menerima kiriman karya dalam bentuk digital dari ratusan kartunis.
“Hingga 27 Februari 2017 pukul 14.00 WIB tercatat sebanyak 116 kartunis yang  sudah mendaftarkan diri. Mereka berasal dari 34 negara, termasuk Indonesia,” kata komisioner lomba, Darminto M Sudarmo, Selasa (28/2/2017).
Pemerhati humor Indonesia itu menyebutkan, jumlah karya yang sudah masuk email panitia sebanyak 338. Rata-rata tiap kartunis mengirimkan 3-5 karya. Untuk sementara jumlah kartunis terbanyak berasal dari Indonesia, yaitu 32 orang. Disusul China dengan jumlah 21 orang. Negara lainnya sekitar 2-5 orang.
Darminto memprediksi, jumlah itu akan terus bertambah mengingat penerimaan karya lomba masih terbuka hingga sebulan ke depan. “Biasanya kalau sudah mepet deadline lomba, kartunis akan berbondong-bondong mengirim,” imbuh Darminto.
Darminto mengingatkan kepada masyarakat agar segera mengirimkan karya dengan tema “Transportasi” dan subtema “Etika Berlalu-lintas”. Karya dikirim melalui email: amcartooncontest@gmail.com paling lambat 31 Maret 2017. Hingga kini, panitia AMICC 2017 tengah menyiapkan berbagai keperluan untuk penjurian dan pameran.
Kartunis Semarang yang juga panitia lomba, Jitet Koestana, menjelaskan, seleksi karya tahap awal hingga penjurian dilaksanakan pada awal April dan hasil lomba akan disampaikan 25 April mendatang. “Untuk pameran dan upacara penghargaan akan dilaksanakan pada pertengahan Mei 2017. Lokasi di Pasar Raya Sri Ratu Semarang,” katanya. (BNC-01)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kartunis dari 34 Negara Ambil bagian dalam AMICC 2017"

Post a Comment