Ada Penandatanganan Petisi Kebangsaan di Forum Rahim Bangsa

Semarang, Bekanews.com – Para guru besar, akademisi, tokoh masyarakat dan lintas agama menandatangani petisi penguatan kebangsaan, nasionalisme, dan cinta tanah air. Petisi ditanda tangani dalam forum Rahim Bangsa yang merupakan rangkaian Dies Natalis Ke-47 UIN Walisongo Semarang, Rabu (15/3/2017) lalu di Wisma Perdamaian Semarang.
Rangkaian Dies Natalis Ke-47 UIN Walisongo itu, antara lain diisi dengan Sarasehan Nasional ‘’Rahim Bangsa’’, yang merupakan forum berkumpulnya para pimpinan perguruan tinggi, guru besar, dan akademisi dari perguruan tinggi di Jawa Tengah, untuk membincang Indonesia.
“Rahim Bangsa diharapkan menjadi salah satu upaya perguruan tinggi dan akademisi untuk menyuarakan nilai-nilai kebangsaan, dan nasionalisme yang akhir-akhir ini kian terancam oleh kelompok radikal yang seringkali mengabaikan nilai-nilai kebangsaan,” ujar Rektor UIN Walisongo, Prof Dr H Muhibbin M.Ag.
Kehadiran Rahim Bangsa ini, adalah sebagai salah satu upaya menyiram kembali nilai kebangsaan yang kian ”layu” akibat terinjak (terseret) oleh tarikan politik sektoral maupun kepentingan lainnya.
‘’Dalam konteks munculnya berbagai kelompok radikal sektarian yang memonopoli kebenaran dalam beragama, dan menjual mimpi mendirikan negara khilafah, perlu ada dialog dan rekonsiliasi dengan jujur, terbuka, sistematik, terukur, dan serius,’’ tegasnya.
Di sini, menurutnya, perguruan tinggi dan akademisi memiliki tanggung jawab moral dan peran strategis dalam menyikapi persoalan kebangsaan, dengan menyuarakan pandangan moderat dan mengambil langkah kongkret menghidupkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan cinta tanah air, baik di ruang kelas maupun ruang publik. (ira/ walisongo.ac.id)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ada Penandatanganan Petisi Kebangsaan di Forum Rahim Bangsa "

Post a Comment