Penyuluhan untuk Hadapi Kenakalan Remaja

Pada beberapa tahun terakhir, banyak sekali masalah yang ditimbulkan oleh remaja, yang membuat banyak orang geram akan tingkah anak-anak zaman sekarang. Mulai dari tawuran antarpelajar, naik motor tanpa memedulikan pengguna jalan lain, dan tindakan lain yang tak jarang membuat orang lain terganggu kenyamanan maupun keamanannya.
Kenakalan remaja bisa dipahami sebagai perbuatan (tingkah laku) yang menyimpang dari aturan-aturan (norma) yang ada di masyarakat. Dampaknya juga bermacam-macam, bisa sampai pada penyalahgunaan narkoba hingga seks bebas.
Terkait banyaknya penyimpangan dan kenakalan remaja yang banyak terjadi, di sinilah peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) sangat dibutuhkan. Guru BK di sekolah harus bisa menangani dan memberi penyuluhan kepada anak-anak didiknya agar tidak terjerumus dalam tindak (perilaku) negatif.
Ada beberapa faktor yang memengaruhi kenakalan remaja. Pertama; faktor internal. Yaitu ditandai adanya perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja. Kedua;  faktor eksternal. Ini muncul antara lain karena perceraian orang tua, kurangnya kasih saying dan perhatian, komunikasi yang kurang, dan pengaruh lingkungan.
Terkait berbagai kenakalan remaja yang seringkali muncul, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Antara lain dengan motivasi dari dalam (orang terdekat), adanya figure (sosok teladan) yang bisa dijadikan, memilih teman yang baik, dan memberi bekal nilai-nilai karakter dan agama agar anak tidak terjerumus dalam hal nista.
Akhirnya, perlu perhatian khusus serta pemahaman yang baik serta penanganan tepat terhadap remaja, agar kebiasaan-kebiasaan buruk tidak menyandera para remaja dan anak-anak di negeri ini. Kerjasama antara orang tua, guru dan pihak-pihak juga tidak bisa diabaikan, melainkan sebuah keharusan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. (*)

Widie Adi Nugraha,
Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Muria Kudus (UMK)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyuluhan untuk Hadapi Kenakalan Remaja"

Post a Comment