Menteri Susi Dianugerahi Doktor HC

Semarang, Bekanews.com – Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada, namun produktivitas perikanan Indonesia hanya nomer tiga di Asia Tenggara. Sementara pada 2014, terdapat sekitar 20 hingga 35 persen produk ikan tuna yang masuk ke Amerika Serikat justru berasal dari Indonesia yang diekspor secara illegal. Menteri Kelautan dan Perikanan (MenKKP) Susi Pudjiastuti pun mengajak masyarakat konsisten menjalankan reformasi tata kelola perikanan di Indonesia.
Itu disampaikan Susi dalam orasi ilmiah mengenai “Pemberantasan Illegal, Unreported and Unregulated (IUU) Fishing: Menegakkan Kedaulatan dan Menjaga Keberlanjutan untuk Kesejahteraan Bangsa Indonesia” pada rapat senat terbuka penganugerahan Doktor Honoris Causa bagi dirinya di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Sabtu (3/12/2016).
Dalam orasinya itu, Susi memaparkan beberapa pokok pikiran penting terkait pengelolaan sumber daya laut Indonesia. Selain mengungkap tiga pilar pembangunan perikanan Indonesia (kedaulatan, keberlanjutan dan kebijaksanaan), Susi juga membeberkan upayanya dalam pemberantasan illegal fishing yang pernah membuat heboh karena disertai penenggelaman kapal-kapal asing pencuri ikan.
Dia mengutarakan, Presiden Joko Widodo telah berkomitmen ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Presiden juga berkomitmen menjadikan laut Indonesia sebagai masa depan Bangsa Indonesia.
Kedua komitmen Presiden itu dinilai Susi sangat logis dan relevan karena Indonesia punya garis pantai terpanjang di dunia dan dua per tiga wilayah Indonesia berupa laut. “Potensi laut Indonesia sangat luar biasa. Seharusnya, Indonesia menjadi pemimpin dunia kemaritiman,” tegasnya sebagaimana dilansir dikti.go.id.
Rektor Undip, Yos Johan Utama, mengemukakan, Menteri Susi layak menerima anugerah Doktor HC, karena kompetensi dan profesionalitasnya dalam mengawal pembangunan di bidang Kelautan dan Perikanan. Hadir dalam penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa itu dihadiri antara lain sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (BNC-01)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menteri Susi Dianugerahi Doktor HC"

Post a Comment