Makam Sunan Pojok Segera Dipugar

Blora, Bekanews.com - Kawasan wisata religi makam Gedong Ageng Sunan Pojok akan segera dipugar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Pemugaran diagendakan pada 2017, dan desain, model serta rencana perluasan telah dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).
Desain, model serta rencana perluasan itu telah dipresentasikan di hadapan Bupati Djoko Nugroho, Wakil Bupati H.Arief Rohman serta dihadiri jajaran pengurus Yayasan Sunan Pojok dan tokoh agama, belum lama ini.
Kepala Bappeda, Samgautama Karnajaya, menjelaskan, bangunan induk makam tidak akan mengalami pemugaran. ‘’Yang dipugar adalah pagar sekeliling makam dan perluasan area ziarah di lokasi pertokoan. Pertokoan di sebelah timur makam akan dibongkar yang kemudian akan didirikan pendapa joglo besar,’’ katanya.
Bupati Djoko Nugroho berharap, perluasan area makam Sunan Pojok bisa dijadikan sebagai salah satu ikon wisata religi dan budaya di Blora. “Jangan lupa konsultasi dengan Yayasan Sunan Pojok dan tokoh agama,’’ pesannya.
Sedang Wakil Bupati Arief Rohman, meminta agar pembangunan gapura nanti dipercantik dengan hiasan kaligrafi dan pencahayaan sinar lampu yang terang. ‘’Lokasi makam berada di tengah kota, maka bangunan baru itu nanti harus menjadi landmark Blora,’’ ujarnya. Sunan Pojok diyakini berasal dari Kerajaan Mataram, yang ditugasi sebagai panglima perang di wilayah pesisir utara Jawa dan menyebarkan agama Islam di sekitar Blora. (BNC-01)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makam Sunan Pojok Segera Dipugar"

Post a Comment