Ini Tips Sukses Menjadi Pengusaha

Kudus, Bekanews.com – Banyak jalan menuju Roma. Banyak cara menjadi seorang pengusaha. Pertanyaannya, bagaimana menjadi seorang pengusaha atau wirausahawan yang baik dan sukses?
Terkait hal itu, belum lama ini para mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) yang magang menjadi reporter untuk website dan tabloid kampus, mendiskusikan mengenai hal itu dengan mengusung tema ‘’Entrepreneurship di Kalangan Mahasiswa”.
Hadir dalam diskusi itu, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan produknya susu kedelai W-Nuk, Abdul Basith Shidqul Wafa. “Segala sesuatu itu harus diawali dari niat. Selama niat itu baik dan akan berdampak positif bagi dirinya sendiri dan orang lain, maka lakukanlah,” ujarnya.
Gus Wafa –sapaan akrab Abdul Basith Shidqul Wafa- menyampaikan, untuk menjadi seorang wirausahawan, seseorang tidak boleh sekadar mengikuti trend yang ada. ‘’Buatlah inovasi lain yang dapat mengangkat harga jual barang tersebut,’’ terang Wafa yang juga guru di MA NU Miftahul Falah, Cendono, Dawe, itu.
Dia pun mengemukakan, bahwa untuk memulai menjadi seorang usahawan, tidaklah mudah. ‘’Butuh tekad dan keberanian untuk memulai sebuah usaha. Di luar itu, menjadi seorang usahawan, harus jujur. Kejujuran sangat penting bagi seseorang yang menggeluti dunia usaha, karena kepercayaan pasar bisa muncul dari sini,’’ paparnya dilansir http://infomahasiswa.umk.ac.id/index.php/1130-niat-tekad-dan-kejujuran-modal-penting-berwirausaha.
Selain mengedepankan kejujuran, kreativitas dan inovasi, juga hal penting yang harus diperhatikan. ‘’Pandai-pandailah melihat peluang. Masa kuliah itu masa produktif, bisa dimanfaatkan untuk menciptakan ide sebanyak mungkin untuk berwirausaha,” terang sekretaris Asosiasi Industri Usaha Mikro dan Kecil Menengah Indonesia (Akumandiri) Kabupaten Kudus ini.
Kehadiran Gus Wafa pun menarik para reporter magang di Humas UMK. ‘’Diskusi ini sangat menarik untuk menambah wawasan, apalagi bagi Saya yang sedang membangun usaha dengan teman-teman,” ujar Arifatul Ulya.
Apresiasi lain terhadap diskusi ini, juga diutarakan Risma Wulandari. “Banyak pelajaran menarik yang saya dapatkan dari sini. Antara lain bagaimana cara berwirausaha yang baik agar bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain dan meneguhkan semangat dalam berwirausaha,” katanya. (BNC-01)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Tips Sukses Menjadi Pengusaha "

Post a Comment