Tips Mencari Kerja

Pekerjaan layak menjadi hal yang diidam-idamkan siapa pun tak terkecuali Sobat Elka. Sekolah dan kuliah yang sobat tempuh mayoritas tujuannya untuk menggapai satu pekerjaan. Saat ini lapangan pekerjaan dengan kuantitas pencari kerja jumlahnya tidak sebanding. Lebih banyak pencarinya daripada jumlah lapangan pekerjaan yang sediakan.
Apalagi jika pekerjaan yang sesuai dengan disiplin ilmu. Meski begitu sobat tidak perlu khawatir. Karenanya ada beberapa kiat yang perlu ditempuh.

1. Perbanyak Teman
Sobat jangan sampai menutup diri. Perbanyaklah teman dari berbagai kalangan. Teman itu bisa berasal darimana saja. Teman sekolah, kuliah dan masyarakat. Di era teknologi seperti sekarang ini teman dari facebook, twitter dan jejaring sosial yang lain juga menjadi salah satu wahana sobat untuk memperbanyak jejaring pertemanan. Jika memiliki teman kalo bisa jangan dicuekin. Kalo dekat ya dikunjungi. Kalo jauh ya ditelepon, di sms, lewat chatingan dan dengan berbagai cara yang lain. Hal tersebut untuk mempererat tali silaturahmi. 

2. Pentingnya Organisasi
Organisasi yang sobat ikuti di sekolah, kampus dan masyarakat akan menjadi hal yang sangat penting di kemudian hari. Saat menjalani roda organisasi sobat belum bisa menuai hasilnya. Tetapi saat sobat telah meninggalkan bangku sekolah maupun kuliah dan hendak mencari pekerjaan pengalaman-pengalaman yang ditempa di organisasi akan mulai digunakan. Boleh dikata sobat yang berorganisasi maupun yang tidak akan beda caranya saat hendak mengeksekusi sebuah pekerjaan. 

3. Memiliki Sebuah Keahlian 
Sebuah keahlian perlu dimiliki Sobat Elka. Sobat yang memiliki satu keahlian atau lebih akan menjadi nilai plus tersendiri. Jika sobat sudah masuk dalam lingkungan pekerjaan keahlian-keahlian tersebut bisa diperankan. Sehingga bisa menjadi pekerja yang beda dengan yang lain. Karenanya keahlian-keahlian yang sudah ada agar terus dikembangkan. 

4. Update Lowongan Pekerjaan
Untuk memperoleh info pekerjaan sobat perlu mengapdate informasi pekerjaan dari media cetak, internet, maupun bursa kerja. Dengan mendapdate informasi nantinya sobat akan memperoleh banyak pilihan. Pilihlah lowongan yang sesuai dengan disiplin ilmu dan hati nurani sobat.

5. Konsultasikan
Sebelum dan sesudah memperoleh pekerjaan konsultasikan terlebih dahulu dengan orang tua. Dengan komunikasi dengan ortu setidaknya mereka juga turut membantu dan memberikan arahan untuk kebaikan anak-anaknya. 

6. Ikhtiar dan Doa

Dengan tetap berusaha dan rajin berdoa niscaya Allah SWT akan memberikan kemudahan jalan bagi Sobat Elka. Ikhtiar dan berdoa keduanya harus sama-sama dijalankan. Agar sobat memperoleh pekerjaan sesuai dengan apa yang diharapkan. Amiin. (Mustaqim)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mencari Kerja "

Post a Comment