CGG Hibahkan Piranti Eksplorasi Migas

Jakarta, BeKa - Universitas Indonesia (UI) baru-baru ini menerima hibah piranti lunak untuk eksplorasi migas di Ruang Sidang A Dekanat FMIPA. Hibah berasal dari perusahaan Compagnie Generale de Geophysique (CGG) GeoSoftware.
CGG GeoSoftware adalah perusahaan penyedia jasa piranti lunak geofisika yang berbasis di Prancis. Ke depan, perusahaan akan melakukan kerja sama dengan beberapa universitas di Indonesia yang dianggap mempunyai kualitas dan komitmen dalam menjalankan kegiatan pendidikannya.
Penyerahan simbolis software ini dihadiri oleh Manager Regional GeoSoftware Far East, Edwin Trisnohadi dan Dekan FMIPA UI Dr. rer.nat Abdul Haris. “Piranti lunak ini nantinya akan banyak dimanfaatkan oleh program studi Sarjana Geologi dan Geofisika serta sarjana dan magister Geofisika,” ujar Abdul dilansir ui.ac.id.
Piranti lunak yang disumbangkan berupa peranti lunak yang dapat membantu industri untuk melakukan pendeteksian sumber daya minyak dan gas di perut bumi, yaitu E&P (Exploration and Production) Hampson-Russel, Jason, dan PowerLog.
Dengan diterapkannya teknologi ini dalam industri migas maka bisa menekan potensi kerugian sebelum dilakukan pengeboran. “Meskipun harga awalnya memang cukup besar, tapi jangka panjang, ini akan sangat menghemat biaya, daripada kita sudah melakukan pengeboran lalu teryata kosong dan rugi puluhan, bahkan ratusan juta dollar,” ujar Edwin menambahkan.
Ditambahkannya, pentingnya kualitas sumber daya manusia yang baik dan berkualitas dalam menjalankan piranti-piranti lunak ini, karena nantinya keakuratan struktur perut bumi yang dihasilkan akan sangat bergantung pada kualitas data-data seismik yang diinput ke dalam piranti ini.
Data seismik adalah data-data lapangan yang didapatkan melalui survei langsung yang dilakukan sebelum eksplorasi minyak dan gas bumi dilakukan. Data-data yang didapatkan di antaranya berupa data kedalaman perut bumi, kualitas refleksi batuan, serta besar kemiringan target.
‘’Kami akan memberikan pelatihan penggunaan piranti-piranti lunak tersebut kepada para dosen yang ada, sehingga pemberian hibah ini dapat benar-benar bisa membawa manfaat bagi dunia pendidikan,’’ tegas Edwin. (RS/ UI)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CGG Hibahkan Piranti Eksplorasi Migas "

Post a Comment